3 Tips Mengatur Keuangan

Oleh: Anggraini Prastikasari;

Manusia pada dasarnya sama. Sejatinya yang membedakan adalah kemampuan mengelola beragam hal dalam hidupnya, termasuk mengatur keuangan pribadi. Orang-orang sukses selalu bisa melakukannya dengan baik. Akibatnya mereka bisa menata kehidupan sesuai dengan yang mereka idamkan.

Mengatur keuangan pribadi sebenarnya tidak rumit. Ada beberapa prinsip yang dapat dijadikan pegangan kala mengatur keuangan pribadi. Prinsip-prinsip tersebut kerap disebut sebagai Golden Rules karena bisa diterapkan oleh siapa saja dan kapan pun waktunya.

Berikut tips mengatur keuangan yang akan membuat kamu tidak pernah merasa kehabisan uang :

1. Gunakan Uang di Bawah Pendapatan

Kemampuan untuk menahan diri agar bisa menggunakan uang di bawah jumlah yang dimiliki, sangatlah penting. Namun, ini tidaklah mudah karena keinginan dan kebutuhan merupakan hal yang bertolak belakang. Keinginan tidak pernah ada habisnya, sedangkan kebutuhan memang wajib dipenuhi.

Salah satunya kita perlu membuat budget harian, mingguan, atau bulanan yang akan memberi batasan pada pengeluaran kamu.

Biasanya kebanyakan orang lebih mengedepankan keinginan dibanding kebutuhan, yang menyebabkan kegagalan orang dalam mengatur keuangan pribadinya. Akibatnya, uang yang dipergunakan bisa jadi lebih besar dari yang dimiliki. Kamu juga harus mengontrol pengeluaran makan kamu. Di zaman sekarang ini banyak sekali terdapat restoran yang sangat menggoda untuk dikunjungi. Apa saja yang kamu inginkan untuk dimakan, hampir dalam sekejap dapat ditemukan, mulai dari makanan bergaya kebaratan, asia, bahkan makanan khas Indonesia sekalipun.

2. Selalu Merencanakan Masa Depan


“Never give up. Today is hard, tomorrow will be worse, but the day after tomorrow will be sunshine.” – Jack Ma

Pola pikir pendek sangatlah berbahaya. Oleh karena itu, kita dituntut agar bisa membuat rencana untuk masa depan. Hal tersebut diperlukan agar pola pikir tidak hanya terbatas pada saat ini. Dengan berpikir jauh ke depan, kamu bisa merencanakan hidup yang jauh lebih baik. Pasalnya, tidak ada seorang pun yang bisa menebak masa depan dengan baik. Maka dari itu, perencanaan dan persiapan yang baik adalah usaha yang layak dan perlu dilakukan.

3. Upayakan Uang Bertumbuh


Profitability is coming from productivity, efficiency, management, austerity, and the way to manage the business.” Carlos Slim

Berinvestasi menjadi salah satu langkah yang dilakukan agar membuat uang bertambah banyak. Manfaat dari menabung / investasi dan merencanakan masa depan, kelak akan kita rasakan jika dilakukan dengan baik dan disiplin. Jika sudah begitu, kesuksesan tak lagi jadi angan yang rasanya sulit untuk disentuh.

Selain investasi, kamu juga bisa cari penghasilan tambahan untuk menambah pundi-pundi keuangan dengan cara membuka bisnis, berjualan online. Jadi, sudah siapkah kamu mempraktikannya ? (Aps)